Senin, 18 Januari 2010

Kewajiban Muslim buat Muslim lainnya

Agan-agan tahu kan, bahwa antara seorang muslim dengan muslim lainnya tu punya kewajiban Gan. Tapi sayang banget belakangan ini kewajiban-kewajiban ini ga kita jalanin lagi. Kalo Islam udah make kata wajib, berarti kita bakalan berdosa kalo sampe ga melakukannya. Mengenai kenapa ini wajib, tentu aja selain emang sebagai akhlak, tapi juga karena emang disuruh oleh Yang Maha Menguasai begitu. Ga ada namanya demokrasi kalo bicara hubungan manusia dengan penciptanya.

Nah, ini dia kewajiban seorang muslim dengan muslim lainnya Gan. Maaf kalo ga berurutan sesuai haditsnya.

1. Mengunjungi bila sakit
Rasulullah itu, dulu sering melewati sebuah jalan. Setiap kali lewat jalan itu, selalu ada seorang Quraisy yang selalu menghina beliau. Suatu hari, Rasulullah lewat jalan itu tapi si kafir ga ada untuk mengejek dan menghina. Trus Rasulullah dikasih tahu kalo orang itu lagi sakit. Bukannya bilang, “syukurin!” tapi Rasulullah malah menjenguk dia. Si Quraisy yang tersentuh oleh kehangatan Rasulullah langsung aja masuk Islam.
Sebegitunya akhlak seorang muslim saat ada orang sakit, bahkan walau dia bukanlah sesama muslim. Maka dari itu seorang muslim wajib mengunjungi saudaranya yang sedang sakit.

2. Mensholatkan bila meninggal
Agan-agan pasti mau kan pas meninggal banyak orang yang doain. Maka dari itu kita mulai mendoakan saudara kita yang meninggal. Yang jelas, kita juga lebih baik sekalian mengikhlaskan semua kesalahan saudara kita itu semasa dia hidup.

3. Menjawab salamnya
Perlu diklarifikasi nih, yang wajib tu sebenarnya menjawab salam. Kan ada haditsnya tu yang kurang lebih berkata begini, “jika saudaramu memberi salam, maka jawablah dengan yang lebih baik atau sama baiknya.”
Jadi andaikata saudara kita ngucapin salamnya panjang n lengkap, kita juga punya kewajiban untuk menjawabnya sama panjang dan sama lengkap. Buat yang ngasih salam, harus pilah-pilih juga Gan. Hati-hati membebankan kewajiban kepada saudara kita ^^.

4. Mendoakan bila dia bersin trus bilang Alhamdulillah
Ini dia nih yang sering banget kita anggap remeh. Tapi teteup aja Gan, statusnya tu wajib alias kudu dilakuin. Kalau ada saudara kita bersin, kan lega banget tuh, trus dia bilang Alhamdulillah. Sebagai saudaranya, kita wajib menjawab doa itu dengan ucapan “Yarhamukallah” atau buat yg cewek “Yarhamukillah”. Trus yang bersin tadi wajib jawab lagi “Yahdikumullah” atau bagi yang cewek “Yahdikillah”.

Agan-agan bayangin deh, akan indah banget apabila dua orang sahabat ngelakuin hal ini. Yang satu bersin, trus dia bersyukur pada yang Ar-Rahmaan. Saudaranya yang mendengar trus bilang, semoga Allah merahmatimu. Trus yang didoain balik mendoakan, semoga Allah memberi hidayah kepadamu.

5. Saling menasihati dalam kebaikan
Kalau yang ini nih, kita semua sudah tahu. Yang susah emang untuk menjalaninya. Wong kita juga masih jauh banget dari predikat orang bertakwa, malah mau nasihati orang lain. Tapi coba Agan-Agan pikirin, kalo kita ga menasihati dalam kebaikan, bukankah berarti kita menasihati pada keburukan? Jadi pilihannya sebenarnya cuman dua itu. Ane juga masih perlu buanyak banget belajar, jadi mohon maaf ya Gan kalo belum baik dalam menasihati ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar