Senin, 25 Oktober 2010

Jamaah Diminta Waspadai Tawaran Loker di Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID,MEKKAH--Modus kejahatan di Masjidil Haram saat pelaksanaan haji semakin beragam. Kali ini, jamaah haji diminta mewaspadai tawaran penyimpanan loker. Imbauan itu disampaikan Kepala Sektor Khusus Jemaah, M.Ali Saifudin.   Terutama kepada calon haji (Calhaj) yang baru tiba dari Madinah di Mekkah maupun Jeddah yang masuk tanah suci sebagai gelombang kedua.

”Belakangan ini semakin marak adalah tawaran menyimpan barang di loker khusus yang dijaga seorang askar,” kata Ali seperti dikutip dari Media Center Haji, Senin (25/10).

Ali mengatakan, banyak jemaah yang tengah melakukan sa`i didekati orang tak dikenal. Tertuma jemaah yang membawa tas. Orang tidak dikenal itu biasanya akan menawarkan barang jamaah disimpan di loker yang tersedia di luar Masjiil Haram.

”Bila yang bersangkutan kembali ke tempat loker usai mengerjakan sa`i, maka barangnya sudah hilang,” kata Ali. Sedangkan askar yang menjaga loker tak mau tahu ketika ditanyai.

Menurut Ali, jenis penipuan itu merupakan modus baru. Diduga ini merupakan kejahatan terorganisir dan melibatkan orang dalam. “Mana mungkin konci loker bisa dipegangoleh orang sembarangan,” katanya lagi.

Ia berharap, jemaah haji Indonesia meningkatkan kewaspadaan. Kenali ciri petugas dan orang tak dikenal yang bermaksud jahat. Annisa mutia
Red: Krisman Purwoko
Rep: annisa mutia


http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/10/10/25/142309-jamaah-diminta-waspadai-tawaran-loker-di-masjidil-haram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar