Selasa, 11 Agustus 2009

Durhaka pada Orang Tua

kisah islami aku baca dari BUKU dengan judul "KISAH-KISAH AJAIB" yang disusun dan ditulis oleh Abdul Husain Dasteghib dan diterbitkan oleh Qorina ..... buku ini bagus banget dehhh, beli aja di toko buku WALI SANGA. banyak kisah yang mengharukan dan banyak masalah dapat terselesaikan secara ajaib…. Untuk itu kita harus pasrah, tulus, ikhlas dalam berdoa dan berserah diri kepada ALLAH SWT…… baik untuk dibaca habis seluruh kisah ini pada bulan RAMADHAN nanti .................. agar menambah ketaqwaan kita……. SELAMAT MEMBACA




Durhaka pada Orang Tua

Seorang dengan ketakwaan tinggi, Haji Mulla Ali al-Kazeruni, dulunya adalah seorang warga Kuwait. Beliau berasal dari kalangan orang-orang saleh yang memiliki penglihatan (batin) yang benar dan kemampuan dalam memprediksi dengan tepat (kasyaf). Saya (penulis) pernah berjumpa dan menemani beliau dalam sebuah perjalanan haji. Beliau bertutur kepada saya:

Suatu malam, saya (Mulla Ali) pernah bermimpi melihat taman ­yang luas, sehingga ujung-ujungnya tak dapat dilihat dengan mata. ­Di tengah-tengahnya terdapat istana nan megah, sehingga saya berdiri tertegun dan bingung; mempertanyakan kepemilikan semua itu. Saya lalu menanyakan hal itu kepada penjaga. Dia kemudian menjawab. "Istana ini milik Habib al-Najjar."

Saya mengenalnya, bahkan dia adalah teman saya. Karena itu, saya pun merasa iri akan derajat yang diperolehnya itu. Tak lama, muncullah petir dari langit dan mengenai istana itu serta membakarnya beserta taman yang ada. Itu meratakan semuanya, seakan-akan tak pernah ada apapun sebelumnya. Karena takut melihat pemandangan itu, saya pun terbangun dari tidur dan saya tahu bahwa dia telah melakukan dosa sehingga akhirnya menghancurkan derajatnya itu.

Keesokan harinya, saya pergi menjumpainya, lalu saya katakan padanya, 'Apa yang telah kau lakukan tadi malam?" Dia berkata, "Tidak ada apa-apa!" Kemudian saya bersumpah dan saya katakan bahwa ada sesuatu yang telah disembunyikannya dan harus diungkapkan. Dia lalu berkata, "Tadi malam aku bertengkar dengan ibuku, sehingga aku memukulnya."

Akhirnya, saya tuturkan mimpi itu kepadanya, lalu saya katakan, "Engkau telah menyakiti ibumu dan kini engkau telah menghancurkan derajatmu itu."

Dapat dipetik dari riwayat-riwayat dan ayat-ayat di atas, bahwa sebagian dosa besar dapat menghancurkan dan menghapus amal kebajikan, sebagaimana dinukil dalam 'Iddat al-DAI dari Rasulullah saw, "Siapapun yang mengucapkan La ilAha illallAh, maka dia telah menanam pohon di surga."

Lalu seseorang berkata, "Wahai Rasulullah, kalau begitu kita telah mempunyai banyak pohon di surga?" Rasul menjawab, "Namun berhati-­hatilah dengan api neraka yang dapat menimpa lalu membakarnya."

Di antara dosa besar itu adalah durhaka kepada kedua orang tua atau menghina mereka. Dan ini telah kami pisahkan pembahasannya dalam kitab al-Kabd'ir.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar