Selasa, 25 Agustus 2009

Rahasia Kematian

Artikel pada kolom HIKMAH ini pernah terbit di harian REPUBLIKA beberapa tahun lalu…… semoga isinya masih dapat membawa manfaat buat sahabat zaameedhearts……. SELAMAT MEMBACA




Rahasia Kematian

Oleh Syaefudin Simon

Ada sesuatu yang pasti dalam kehidupan ini: kema­tian. Kematian pasti akan datang kepada siapa pun dan di mana pun, tanpa melihat umur. jabatan, dan kekayaannya. Bila sang maut itu tiba, tak ada apa pun yang bisa menghalanginya.

Masalahnya, kapan kematian itu akan tiba? Inilah rahasia Allah. Allah menegaskan, tiada seorang pun yang tahu di bumi mana dia akan mati (QS 31:34).

Orang yang meninggal sesungguhnya hanya berpindah alam. Dari alam dunia ke alam barzakh. Begitu sampai di alam ini, manusia diinterogasi oleh malaikat. Jika selama menjalani kehidupannya berpegang pada kebenaran, dia akan selamat. Seberkas sinar akan menemaninya dengan kedamaian. la berada dalam situasi tenang dan menyejukkan bersama malaikat, menanti alam berikut­nya: alam makhsyar. Tapi sebaliknya, jika selama hidup­nya banyak melakukan dosa, maka bumi akan menghimpitnya. Malaikat Jibril melukiskan, bumi saat itu akan marah kepada mayat pendosa. Bagaikan gerigi besi, bumi akan menggilas dan meremuk sang pendosa, tanpa ampun. Meski dia sangat kesakitan, tapi bumi terus meremukkannya, tanpa henti.

Tak ada gunanya lolongan tangis dan penyesalan saat itu. Semuanya sudah terlambat. Hanya ada sedikit keringanan bagi orang yang tersiksa di alam kubur bila ia punya amal jariyah, punya ilmu yang bermanfaat, dan punya anak shaleh yang mendoakannya (Hadis).

Setelah itu, manusia dibangkitkan kembali dari kuburnya. la digiring ke alam makhsyar. Mahkamah Maha Agung akan mengadili manusia dengan seadil-­adilnya. Agar keadilan itu benar-benar terjamin, lidah dikunci. Tangan, kaki, hidung, mulut, mata, perut, otak, dan anggota badan lain yang berbicara, mengatakan apa-­apa saja yang pernah diperbuatnya.

Dari situlah manusia akan terseleksi — mana yang akan masuk surga dan mana yang masuk neraka. Hari itu, orang-orang beriman dan selalu melangkah dengan kebenaran, wajahnya berser-seri. Di hadapannya, surga yang penuh kenikmatan menanti kedatangannya. Sedang orang kafir dan para pendosa, wajahnya muram. Di hadapannya, neraka yang panasnya talk terperikan menantinya. Saat itulah orang-orang kafir berkata, “Jika mungkin, jadikan kembali aku sebagai tanah seperti dahulu." (QS 78: 40).

Alam barzakh, hari kebangkitan, dan han pengadilan besar pasti datang. Dan tak ada bekal yang bisa meno­long di hari itu kecuali ketakwaan kita kepada Allah. Karena itulah, sebelum kematian menjemput kita di tempat dan waktu yang talk diketahui, kita hares memper­siapkan bekal untuk menghadapi hari-hari yang sulit dan melelahkan tersebut. Tanyakan kepada hati nurani kita: sudahkah kita menyiapkan bekal untuk hari itu?

Ketahuilah wahai manusia, kata Rasulullah, bekal terbaik adalah ketakwaan. Bekal terbaik adalah kebe­naran. "Manusia yang bertakwa adalah manusia yang bernafas dengan kebenaran, berbicara dengan kebenar­an, mendengar dengan kebenaran, bekerja dengan kebe­naran, dan tidur dengan kebenaran," kata Malaikat Jibril. Dan semua petunjuk untuk mendapatkan kebenaran itu ada pada Alquran dan Sunnah Rasulullah saw. n



Tidak ada komentar:

Posting Komentar