Rabu, 10 Juni 2009

ZAM-ZAM TAK PERNAH HABIS

Artikel ini aku dapatkan ketika menunaikan ibadah haji ku yang ke dua pada tahun 2006 M, Majalah ini diterbitkan khusus oleh REPUBLIKA yang dibagikan gratis kepada seluruh Jamaah Haji di Asrama haji Pondok Gede. pada waktu itu saya termasuk kloter 03JKG.
semoga hal ini dapat menambah pengetahuan kita semua ..................






KEAJAIBAN ZAMZAM

Kehadirannya tak bisa dilepaskan 
dari sejarah Nabi Ibrahim
dan Nabi Ismail.


Air yang paling baik di muka bumi ini adalah air zam-zam. Selain, air zam-zam juga mengandung khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berjuta-juta jamaah haji setiap tahun mengambil air dari sumur zamzam, namun sumur itu tak pernah kering. Menurut beberapa kisah, air zamzam ini pernah digunakan untuk mencuci hati Rasulullah SAW sebelum menjalani Isra' Mi'raj.

Keberadaan sumur zamzam ini tak bisa dilepaskan dari sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Jejakan kaki Ismail (waktu masih kecil), saat ditinggalkan bersama Siti Hajar oleh Nabi Ibrahim di padang nan gersang, menjadi lantaran bagi memancarnya sumber air zamzam itu. Allah SWT terus melanggengkan pancaran air zamzam itu hingga hari ini.

Sumber air zamzam itu berada di dalam kompleks Masjidil Haram

Saat ini pintu masuk ke sumur zamzam telah ditutup oleh pemerintah Arab Saudi. Penutupan ini dilakukan untuk memperlancar pelaksanaan thawaf. Pintu itu memang di jalur pelataran thawaf. Para jamaah haji bisa mengambil atau minum air zamzam sepuasnya di sisi Masjidil Haram.


Ada adab dan doa khusus yang harus dipenuhi saat kita hendak mengambil dan meminum air zamzam. Ambil air zamzam dengan tangan kanan dan menghadap kiblat. Sebelum meminumnya harus membaca doa: Allahumma inni as'aluka `ilman naafi'an wa rizqan waasi'an wa syifa'an min kulli daa'in wa tsaqamin, bi rahmati¬ka yaa arhamar-rahimiin (Ya Allah, aku mohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala rasa sakit serta penyakit dengan rahmat-Mu ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih). Sebaiknya minum air zamzam sambil duduk. 

Fakta Air Zamzam

• Air zamzam disebut-sebut mempunyai kandungan mineral kalsium, magnesium, dan fluoride yang cukup tinggi,
• Sumur zamzam berada dalam Wadi Ibrahim yang mengalir melalui Kota Suci Makkah Al Mukarramah.
Sumur zamzam kini berada dalam ruang bawah tanah, dilindungi oleh panel-panel kaca sehingga sumur bisa terlihat dengan jelas. Ruangan ini tidak terbuka untuk umum.
• Sumur zamzam digali secara manual, dalamnya 30,5 m. Diameter Bagian dalamnya antara 1,08 hingga 2,66 m.
• Penyedotan air zamzam kini menggunakan pompa listrik.
Sebelum didistribusikan pada konsumen dan dibawa ke Madinah, air zamzam disaring beberapa kali. Pertama kali menggunakan Penyaring pasir, penyaring mikro, dan pemusnahan kuman dengan sinar ultraviolet.
• Untuk menjamin kualitas dan ketersediaan air zamzam, pemerintah setempat mendirikan Zamzam Studies and Research Center.
Apakah air zamzam akan habis? Sebuah uji pemompaan Sumur Zamzam sebanyak 8.000 liter/detik selama lebih dari 24 jam menunjukkan tingginya air menurun dari 3,23 m di bawah tanah hingga 12,72 m, dan lalu menjadi 13,39 m. Setelah itu tinggi air berhenti merosot. Air kembali naik ke 3,9 m di bawah tanah hanya 11 menit setelah pemompaan dihentikan. Kemungkinan, air yang masuk lewat lapisan tanah menuju sumur berasal dari retakan batuan di gunung-gunung sekitar Makkah. Jadl, air zamzam takkan pernah habis.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar